• HOME
  • ABOUT ME
  • OLSHOP
  • VIDEO
  • DAF ISI BUKU

Kamis, 22 November 2012

Rangkaian Pengendalian Putaran Motor DC



Pengendalian Putaran Motor DC

Pada kesempatan yang ketujuh kalinya pada sesi kendali elektronik ini kita akan membahas tentang pengendalian arah putaran motor listrik arus searah (DC).
Aplikasi penyearah Thyristor gelombang penuh satu phasa pada pengendalian arah putaran motor DC untuk membalik arah putaran kekanan dan putaran ke kiri adalah sebagai berikut, terdapat dua kelompok penyearah Thyristor yaitu penyearah 1 dan penyearah 2. Penyearah 1 jika dijalankan, maka motor DC akan berputar ke kanan. dan ketika penyearah 2 dijalankan, maka motor DC akan berputar ke kiri. Sedangkan untuk mengatur kecepatan motor DC tersebut, dapat dilakukan dengan mengatur besarnya tegangan yang masuk ke terminal motor DC.
Gambar Pengendalian putaran motor DC
 
Komponen :
1. Thyristor ........................................................................ 8 buah
2. Kumparan bantu (Lk) ................................................... 4 buah
3. Kumparan utama (Lm).................................................  1 buah
4. Potensiometer .............................................................  1 buah
5. Sumber listrik AC 220V/50Hz...................................... 2 Unit

Cara Kerja :
           Potensiometer pada modul trigger berfungsi untuk mengatur sudut penyalaan Thyristor, maka putaran motor dapat diatur dari minimal menuju putaran nominal. Ketika potensiometer posisi di tengah (tegangan nol), motor akan berhenti. Ketika potensiometer berharga positif, penyearah pertama yang bekerja dan motor DC arah putarannya kekanan. Saat potensiometer berharga negatif, penyearah kedua yang bekerja dan motor DC berputar kekiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar